Polda NTT Mendapatkan 120 Ampul Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap I

Polda NTT Mendapatkan 120 Ampul Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap I

Kabiddokkes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono mengatakan Polda NTT mendapatkan 120 Ampul Vaksin covid-19 Sinovac pada pembagian tahap I.

Dari jumlah tersebut, 38 orang anggota Polda NTT terutama tenaga kesehatan telah mendapatkan vaksin covid-19 Sinovac.

Selanjutnya tiga pejabat utama Polda juga mendapatkan vaksin perdana masing-masing Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., Karoops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sujadja dan Dirsamapta Polda NTT, Kombes Pol. Jhony Siahaan.

"Dengan demikian sudah ada 41 anggota Polda NTT yang mendapatkan vaksin tahap I", kata Kombes Pol. dr. Sudaryono didampingi Karumkit RSB Titus Uly Kupang, Kompol dr. Hery Purwanto di Lobi Mapolda NTT, Selasa (26/1/2021) pagi disela-sela pencanangan vaksinasi bagi angggota Polda NTT.

Ia menyebutkan ada tiga orang yang seharusnya divaksin namun ditunda karena sakit ISPA dan demam.

"Sisa vaksin akan diprioritaskan bagi anggota Polri yang memiliki resiko tinggi saat bertugas terutama tenaga kesehatan di rumah sakit Bhayangkara Titus Uly dan Klinik Biddokkes Polda NTT", terangnya.

Bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin maka akan mendapatkan vaksin tahap II pada dua pekan mendatang.

Pemerintah, tandasnya sudah memikirkan soal vaksinasi dan bertujuan melalui vaksinasi akan timbul herd imunity atau kekebalan komunal di masyarakat.

"Mari kita sama-sama sukseskan vaksinasi di NTT dan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat dalam setiap aktivitas", ujarnya.

Vaksinasi covid-19 di NTT saat ini memasuki minggu ketiga bagi tenaga kesehatan dan pada bulan Maret bagi anggota Polri dan TNI.

Secara bertahap, vaksinasi juga diberikan kepada masyarakat supaya masyarakat terbebas dari pandemi. "Dengan vaksinasi ini, kita berharap roda perekonomian di NTT dapat bergerak kembali," harapnya.

Vaksinasi saat ini di NTT diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Pada tahap I ada sekitar 13.200 vial vaksin yang diperuntukkan bagi 6.600 tenaga kesehatan di NTT. Sementara untuk tahap II, NTT mendapat tambahan 50.520 vial vaksin yang saat ini masih disimpan di gudang Farmasi Pulau Indah, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Dengan kegiatan ini, Polda NTT mendorong agar masyarakat tidak ada keraguan lagi untuk bisa menerima vaksin yang telah memenuhi syarat.

Pemberian vaksin merupakan program Nasional menjadi salah satu upaya pemerintah yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 dan sudah diberikan contoh oleh Presiden dan para Pejabat maupun Tokoh dan vaksin ini layak untuk dilakukan kepada masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

"Program Vaksinasi ini sendiri bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi", pungkasnya.