Polres Alor Laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Mengecek Kesiapan Tanggap Bencana Tahun 2024

Polres Alor Laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Mengecek Kesiapan Tanggap Bencana Tahun 2024

Tribratanewsalor.com, - Dalam upaya meningkatkan kesiapan menghadapi potensi bencana alam, Polres Alor melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel Polres Alor. Kegiatan ini dihelat sebagai bagian dari persiapan menghadapi potensi bencana tahun 2024 di Kabupaten Alor. Apel tersebut dilaksanakan dengan penuh kekompakan dan dihadiri oleh berbagai instansi terkait, serta melibatkan tokoh masyarakat dan tamu undangan, Kamis pagi (04/01).

Wakapolres Alor, KOMPOL Jamaluddin, memimpin apel sebagai Pemimpin Apel, sementara Komandan Apel dipegang oleh KBO Sat. Reskrim Polres Alor, IPDA Yohanes Hamilkar Muda. Hadir pula dalam kegiatan ini sejumlah peserta gelar pasukan, seperti Pleton Kodim 1622 Alor, personel Polres Alor, Brimob Kompi 4 Yon A Polda NTT, TNI Angkatan Laut Tengah, Dishub Kabupaten Alor, BPBD Kabupaten Alor, Basarnas Pos Alor, Dinas Sosial Kabupaten Alor, dan KPLP Kabupaten Alor.

Turut serta dalam acara tersebut adalah Dandim 1622 Alor LETKOL INF Amir Syarifuddin, Asisten I Sekda Alor M. Ridwan Nampira, Para Kabag Polres Alor, Kadis Perhubungan Kabupaten Alor Marianus Yupiter Adang, Para Kasat dan perwira Polres Alor, Danpos AL KAPTEN LAUT (P) Sriyono, Danki Brimob Kompi 4 Yon A Polda NTT IPTU Nardi Irawan, Wadanpos AL LETDA LAUT Gunawan, Kepala BPBP Kabupaten Alor Obeth Bolang, S. Sos., M. AP., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi Bpk. Murtada, SH., M.H ., Kepala Operasi Kendaraan Dishub Alor Flori Onlet, Mewakili Kepala KSOP Kalabahi Bpk. Samsudin Kau, dan para Tamu Undangan.

Dalam laporan Komandan Apel kepada Pemimpin Apel, dilakukan pemeriksaan pasukan untuk memastikan kedisiplinan dan kelengkapan sebelum pelaksanaan gelar pasukan dimulai.

Amanat Pimpinan Apel disampaikan dengan penuh harapan dan semangat. KOMPOL Jamaluddin mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada semua pihak yang terlibat, dengan harapan bahwa pengabdian mereka akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lebih lanjut, Wakapolres menjelaskan bahwa kegiatan Apel Kesiapan ini merupakan tahapan penting dalam suatu proses manajerial. Tujuannya adalah memastikan bahwa Polri bersama seluruh instansi terkait dan masyarakat telah siap baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana sebelum diterjunkan ke lapangan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dilakukan pengecekan kesiapsiagaan personel, sarana, dan prasarana yang dimiliki oleh semua stakeholder. Sinergi antara instansi terkait dan komponen masyarakat diharapkan dapat terwujud sehingga kesiapan menghadapi bencana alam menjadi nyata.

Wakapolres Alor juga menekankan pentingnya partisipasi publik dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana. Dalam upaya memperkuat kesiapan, Wakapolres mengajak semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan diri dan satuan, melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat, serta membangun komunikasi dan sinergi antarinstansi dan komponen masyarakat.

Sebelum mengakhiri amanat, KOMPOL Jamaluddin menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Alor, unsur TNI dan satuan instansi terkait, atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dalam menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Alor. Ia berharap jalinan koordinasi dan sinergi yang kuat dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan pada masa yang akan datang.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, Wakapolres Alor bersama forkopimda melakukan pengecekan kelengkapan tanggap bencana dari satuan samapta yakni Recue Kit Sabhara dan polairud Polres Alor yakni satu set alat selam dan life jaket, wakapolres menegaskan kembali komitmen untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan kondusifitas yang dirasakan oleh masyarakat.