Polres Alor Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2020

Polres Alor Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2020

Tribratanewsalor.com – Polres Alor melaksanakan Apel Gelar Pasukan Lilin Turangga 2020 di lapangan apel Mapolres Alor dengan tema Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Turangga 2020, Kita Tingkatkan Sinergi Polri dan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal  2020 dan Tahun baru 2021 ditengah Pandemi Covid - 19, Senin pagi (21/12).

Apel Gelar Pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K dan bertindak sebagai Komandan Upacara Ipda Marthen Pen Au.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd., Dandim 1622 Alor LETKOL INF. Supyan Munawar, S.Ag., Kepala Pengadilan Negeri Kalabahi Dodi Rahmanto, S.H.,M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Alor Bpk. Syamsul  Arif, S.H.,M.H., Wakapolres Alor KOMPOL Muhajid Kossah, S.E.,M.M., Anggota DPRD KAB. Alor Yehuda Lanlau, Forkopimda Kab. Alor, Komandan Pos AL LETDA Jasril, Para Kabag, kasat dan perwira Polres Alor, Adapun peserta upacara 1 Pleton Anggota Kodim 1622 Alor, 3 Pleton Anggota Polres Alor, 1 Pleton Dinas Perhubungan, 1 Pleton Dinas KPLP, 1 Pleton Sat Pol PP, 1 Pleton Dinas Bencana Alam dan 1 Pleton PLN Cabang Alor.

Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas,S.I.K dalam amanatnya mengatakan, Operasi Lilin Turangga 2020 ini merupakan Operasi Terpusat yang dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 dengan memfokuskan pengamanan di seluruh Indonesia meliputi gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, dan bandara.

“Apel gelar pasukan ini di laksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Turangga 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.” Kata Kapolres Alor, membacakan amanat Kapolda NTT.

Sambungnya, dalam pelaksanakaan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instasi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamnan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, Pelabuhan, dll.

Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, meliputi tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kemudian, memastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol Kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Laksanakan pengamanan secara professional, tegas dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan body system. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” tegasnya

Usai Apel Gelar Pasukan dilanjutkan dengan kegiatan pemusnahan minuman beralkohol Jenis Sopi, DS dan Laru hasil pelaksanaan Ops Pekat Turangga Tahun 2020 dan hasil pelaksanaan K2YD, serta pemusnahan bahan makanan kadaluarsa oleh petugas. Adapun barang bukti yang dimusnakan berjumlah 5.355 Liter yang dipimpin langsung oleh Kapolres Alor Agustinus Christmas,S.I.K