Hari Kedua Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024 di Polres Alor: Beberapa Satgas Sampaikan Materi

Hari Kedua Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024 di Polres Alor: Beberapa Satgas Sampaikan Materi

Tribratanewsalor.com - Pelaksanaan Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Mantap Praja Turangga 2024 yang telah dimulai sejak kemarin, kini memasuki hari ke-2. Latpra Ops yang digelar oleh Polres Alor ini direncanakan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 12 hingga 14 Agustus 2024.

Pada hari kedua pelaksanaan Latpra Ops Mantap Praja Turangga ini, agenda utama diisi dengan penyampaian materi oleh beberapa Kepala Satuan Tugas (Kasatgas). Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa pagi (13/08/2024) ini diawali dengan paparan oleh Kanit Provos Sie Propam, AIPDA I Putu Sudirta, S.H., yang membahas tentang netralitas Polri dalam Pilkada.

Selanjutnya, Bapak Jekson Besituba, Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Alor, memberikan paparan tentang pelanggaran Pilkada. Materi berikutnya disampaikan oleh KBO Sat. Binmas, IPDA Adonia Tangpada, yang membahas tentang teknik negosiasi. KBO Sat. Sabhara, IPDA Sidik Akbar, juga turut menyampaikan materi mengenai teknik patroli, pengawalan barang, dan pengamanan VVIP.

Selain itu, Kanit II Sat. Intelkam, AIPDA I Gede Budiyanto, memberikan paparan tentang teknik penggalangan, dan Kanit Pidum Sat.Reskrim, AIPDA I Gusti Miayartana, membahas proses penyidikan dan penyelidikan tindak pidana Pemilu. Terakhir, KBO Sat. Lantas, AIPTU Hari Leo Radja, memberikan materi mengenai teknik pengawalan.

Kapolres Alor, AKBP Supriadi Rahman, S.I.K., M.M., melalui Kabag Ops, AKP Abdul Rahman Aba Mean, S.H., menjelaskan bahwa Latpra Ops ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Polri dalam mengawal dan mengamankan tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

"Latihan ini diharapkan dapat memberikan persiapan yang matang dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, demi terwujudnya proses demokrasi yang berkualitas dan aman bagi masyarakat Kabupaten Alor," ungkap AKP Abdul Rahman Aba Mean.

Dengan latihan ini, Polres Alor berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama seluruh rangkaian tahapan Pilkada, guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Alor.