Polda NTT Launching Kapal Vaksin Mobile Covid 19, Untuk Tingkatkan Vaksinasi Masyarakat

Polda NTT Launching Kapal Vaksin Mobile Covid 19, Untuk Tingkatkan Vaksinasi Masyarakat

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif S.H., M.Hum., memerintahkan Ditpolair Polda NTT dan Biddokkes Polda NTT menggelar kegiatan pelayanan kesehatan Vaksinasi Nasional di Kabupaten Kupang, Jumat (30/4/2021) pagi.

Kali ini Vaksinasi berbeda dari sebelumnya, kerena vaksinasi digelar di atas kapal Polair Polda NTT dan di sekitar pesisir pantai Desa Huilelot, Kampung Batu Hopong, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang dengan sasaran masyarakat sebanyak 200 orang 

Kegiatan dengan tema Pelayanan Kesehatan Terapung ini dalam rangka percepatan Program Vaksinasi Nasional adalah sebuah terobosan sebagai upaya proaktif Polda NTT dalam meningkatkan jumlah masyarakat NTT yang telah di vaksin. 

Melalui kegiatan ini, Polda NTT melaunching Kapal Vaksin Mobile Covid-19, yang selanjutnya akan digunakan sebagai sarana pelaksanaan vaksinasi di daerah-daerah pesisir dan pulau-pulau yang sulit dijangkau dengan jalur darat.

Penyuntukan vaksin Aztra Zeneka tersebut dipimpin langsung Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. sudaryono dan Karumkit Kompol dr. Heri Purwanto berserta tim Vaksinator Polda NTT berjumlah 20 orang 

Hadir juga dalam kegiatan vaksinasi ini Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Andreas Heri Susi Darto, S.I.K., Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., Kapolsek Semau, Camat Semau dan Kepala Desa Huilelot serta warga Desa Huilelot.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin kepada warga, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah serta pengecekan 13 kriteria penyakit yang tidak bisa mengikuti Covid-19. Selanjutnya Penyutikan Vaksin Covid-19 pada lengan kiri dan diakhiri dengan observasi.

Saat diwawancarai, Kapolda NTT melalui Kabidhumas Polda NTT menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah serta implementasi program prioritas Kapolri. Dalam rangka mempercepat penanganan covid-19. Salah satunya pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, Kabidhumas juga menjelaskan kegiatan ini juga dalam rangka melakukan upaya proaktif untuk pelayanan Polri dalam rangka mendukung pelaksanaan vaksinasi nasional.

"Kita mendatangi masyarakat pesisir dan pulau-pulau yang terpencil yang sulit dijangkau lewat darat, kita melakukan dengan mendatangi menggunakan kapal-kapal dari Direktorat Polair Polda NTT. Dan penyuntikan vaksin selain di pesisir juga di atas kapal. Ya, karena memang tempatnya tidak memungkinkan untuk di pinggir. Jadi kita laksanakan di kapal ini. Jadi kita siapkan pelayanan untuk vaksinasi terapung", jelas Kabidhumas Polda NTT.

Lanjut dikatakannya, di Huilelot di Pulau Semau ini. Kita akan memberikan vaksinasi kepada 200 orang karena kita siapkan 200 vaksin.

"Targetnya untuk hari ini, kita bisa memberikan dua ratus vaksin ini, dan diharapkan untuk dua ratus dosis ini kepada dua ratus masyarakat", harapnya.

Sementara itu, Camat Semau Yoel Laitabun menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Polda NTT yang sudah membantu masyarakat di sini dalam rangka percepatannya target dari pemerintah dan terselenggaranya kegiatan ini sangat sekali membantu masyarakat Pulau Semau khususnya warga Desa Huilelot.