Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. Resmikan Markas Komando Polres Malaka

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. Resmikan Markas Komando Polres Malaka

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. meresmikan Markas Komando (Mako) Polres Malaka, Rabu (19/1/22).

Peresmian Mako Polres Malaka yang dihadiri  Bupati Malaka, serta Forkopimda Kabupaten Malaka ini diyandai dengan penandanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kapolda NTT.

Pembangunan Mako Polres Malaka ini terbilang cepat, sebab dalam waktu 2 (dua) tahun sejak berdirinya Polres Malaka, akhirnya hari ini dapat diresmikan.

Untuk di ketahui bahwa, Polres Malaka terbentuk berdasarkan surat kemenpan rb ri nomor B / 849 / M.KT. 01 / 2019 tanggal 18 September 2019 tentang peningkatan polres dan pembentukan Polres dan keputusan Kapolri nomor Kep/842/X/2019 tanggal 02 Oktober 2019 tentang pembentukan Kepolisian Resor Malaka bersama-sama dengan 5 Polres lain yang ada di wilkum Polda NTT, namun untuk anggaran belanja modal pembangunan Mako Polres yang di setujui hanya Polres Malaka, sementara pembangunan Mako Polres yang lainnya mengalami penundaan/refocusing.

Pembangunan Mako Polres Malaka menggunakan alokasi anggaran DIPA Polri T.A. 2021, yang dikerjakan oleh PT. Mojo Wijaya Karya dengan waktu pekerjaan selama 120 hari kalender dan pada tanggal 16 desember 2021 telah dilakukan serah terima dari pelaksana proyek kepada Polres Malaka.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT mengatakan bahwa membahas sebuah kantor tentu erat kaitannya dengan sebuah kelengkapan organisasi yang meliputi pimpinan, staf dan pegawai, kantor, bisnis proses dan dukungan anggaran.

"Ini kantor baru pastinya akan membawa semangat dan motivasi baru, tapi sebuah organisasi selalu saja ada kondisi yang tidak diharapkan, ada tantangan disruption (kaitan dengan tugas tantangan yang akan dihadapi). Saya percayakan tanggung jawab pembinaan dan operasional Polres Malaka ini kepada AKBP Rudy Junus Jacob Ledo, S.H., S.I.K,. Perlu kolaborasi dengan pemerintah daerah, TNI, para tokoh dan semua stake holder vertikal lainnya. alone you can do so little - together you can do so much"tambahnya.

Dikesempatan tersebut Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Malaka/Pemerintah Daerah, satuan TNI, instansi terkait, para tokoh agama dan tokoh masyarakat atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini.

"Tentunya kami berharap, sinergi yang telah terjalin dapat terus kita tingkatkan pada masa yang akan datang"ungkapnya.

Kepada seluruh elemen masyarakat, Jenderal bintang dua ini juga meminta untuk dapat mendukung tugas Polri dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Malaka.

"Undangan dan hadirin yang saya hormati, akhirnya, dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Rabu tanggal, 19 januari 2022, pukul 14.00 Wita, bangunan gedung Polres Malaka secara resmi saya nyatakan penggunaannya"ujar Kapolda NTT sambil menggunting pita.

Sementara itu, Bupati Malaka dr. Simon Nahak, S.H. mengucapkan terima kasih atas pembangunan Mako Polres Malaka.

"Kami apresiasi pembangunan Mako Polres Malaka ini, pemerintah daerah memberikan dukungan sepenuhnya kepada kepada Polres dalam menjaga dan memelihara kamtibmas"ungkap Bupati Malaka.