Audience dengan Ketua KPU Provinsi NTT, Kapolda NTT:Pilgub 2024 Akan Kami Amankan dan Kawal Setiap Tahapannya

Audience dengan Ketua KPU Provinsi NTT, Kapolda NTT:Pilgub 2024 Akan Kami Amankan dan Kawal Setiap Tahapannya

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. menerima kunjungan Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu, Senin (24/1/22).

Kedatangan Ketua KPU yang didampingi Anggota KPU Fransiskus V. Dias dan Sekretaris KPU Kusmanto Riwu Djo Naga ini disambut hangat Kapolda NTT di ruangan kerjanya. 

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada di sembilan Kabupaten berjalan dengan aman dan lancar.

"Pilkada NTT di sembilan kabupaten berjalan aman dan lancar berkat dukungan semua pihak termasuk TNI dan Polri. Kami apresiasi hal tersebut"ujar Ketua KPU Provinsi NTT.

Sementara itu terkait Pemilihan Gubernur serentak tahun 2024, Ketua KPU mengatakan bahwa hal tersebut sudah dirancang anggarannya dengan target semester I tahun 2023 sudah ditandangani anggaran tersebut.

Thomas Dohu menjelaskan jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang belum final. Tahapannya masih dalam pembahasan.

Menurutnya  sampai saat ini belum ada jadwal pasti terkait Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya, KPU RI belum menetapkan jadwal tahapan Pemilu. 

Untuk data pemilih berkelanjutan, Ketua KPU mengatakan bahwa pihaknya melakukan pemutakhiran setiap enam bulan.

Menanggapi hal tersebut Kapolda NTT menyampaikan bahwa dalam menghadapi Pilgub tahun 2024, Polri akan menggelar operasi kepolisian khusus. 

Kepolisian Daerah NTT akan  mengawal setiap kegiatan tahapan Pilgub  sehingga dapat berhalan dengan aman dan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kami akan mengamankan dan mengawal setiap tahapan pilgub hingga akhir. Semua anggota akan dilibatkan dalam pengamanan baik berseragam maupun tidak berseragam. Mulai dari tahap awal hingga pelantikan. Apabila dalam proses ada penyimpangan, maka tim penyidik akan melakukan penyidikan tindak pidana pelanggaran pemilu dimaksud"ujar Kapolda NTT.